HUBUNGAN KOMUNIKASI ANTAR MANUSIA


semoga bermanfaat

A.    Interaksi  Komunikasi dalam Keperawatn
Berdasarkan paradigma Laswell, Effendy (1994:11-19) membedakan proses komunikasi menjadi dua tahap, yaitu:
a. Proses komunikasi secara primer
 Proses komunikasi secara primer adalah proses penyampaian pikiran dan atau perasaan seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang sebagai media. Lambang sebagai media primer dalam proses komunikasi adalah pesan verbal (bahasa), dan pesan nonverbal.
Komunikasi berlangsung apabila terjadi kesamaan makna dalam pesan yang diterima oleh komunikan. Prosesnya sebagai berikut, pertama komunikator menyandi (encode) pesan yang akan disampaikan kepada komunikan. Ini berarti komunikator memformulasikan pikiran atau perasaannya ke dalam lambang (bahasa) yang diperkirakan akan dimengerti oleh komunikan. Kemudian, komunikan menterjemahkan (decode) pesan dari komunikator. Ini berarti komunikan menafsirkan lambang yang mengandung perasaan dan pikiran komunikator.
 Menurut Wilbur Schramm (dalam Effendy,1994) menyatakan bahwa komunikasi akan berhasil apabila pesan yang disampaikan oleh komunikator cocok dengan kerangka acuan (frame of reference), yakni perpaduan pengalaman dan pengertian yang diperoleh komunikan. Kemudian Schramm juga menambahkan, bahwa komunikasi akan berjalan lancara apabila bidang pengalaman komunikator sama dengan dengan bidang pengalaman komunikan. Sebagai contoh: si A seorang mahasiswa ingin berbincang-bincang mengenai perkembangan valuta asing dalam kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi. Bagi si A tentunya akan sangat mudah dan lancaraapabila pembicaraan mengenai hal tersebut dilakukan dengan si B yang juga sama-sama mahsiswa. Seandainya si A membicarakan hal tersebut dengan si C yang yang seorang pemuda desa tamatan SD tentunya proses komunikasi tidak akan berjalan lancar.
b. Proses komunikasi secara sekunder
 Proses komunikasi secara sekunder adalah prosese penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan dengan menggunakan alat atau sarana sebagai media kedua setelah memakai lambing sebagai media pertama.
 Seorang komunikator menggunakan media ke daola dua komunikasi karenakomunikan sebagai sarana berada di tempat yang relative jauh atau jumlahnya banyak. Surat, te;epon fax, radiao, majalah, dll merupakan media yang sering digunakan dalan komunikasi.

B.     Hubungan Antar Manusia (HAM) dan Komunikasi
  1. Pengertian HAM
HAM atau Human Relation disini tentunya membicarakan situasi sosial, interaksi individu-individu yang termasuk digolongan masyarakat.
Hubungan Antar Manusia (HAM) dalam arti luas adalah komunikasi persuasif yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain secara tatap muka dalam situasi dan dalam semua bidang kehidupan, sehigga menimbulkan kebahagiaan.
HAM dan kepuasan hati pada kedua pihak dilakukan dimana saja. HAM dalam arti sempit adalah komunikasi persuasif yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain secara tatap muka dalam keadaan kerja ( work situation ) dan dalam organisasi kekaryaan work organization dengan tujuan untuk menggugah kegairahan dan kegiatan bekerja dengan semangat kerjasama yang produktif dengan perasaan bahagia dan puas.
Pengertian HAM Menurut Beberapa Pakar
1.      Cabot dan kahl (1967): HAM adalah suatu sosiologi yang konkret karena meneliti situasi kehidupan, khususnya masalah interaksi dengan pengaruh dan psikologisnya. Jadi, interaksi mengakibatkan dan menghasilkan penyesuaian diri secara timbal balik yang mencakup kecakapan dalam penyesuaian dengan situasi baru.
2.      H. Bonner (1975): interaksi adalah hubungan antara dua atau lebih individu manusia dan prilaku individu yang satu mempengaruhi, mengubah, dan memperbaiki prilaku individu lain atau sebaliknya.
Komunikasi persuasif yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain secara tatap muka dalam segala situasi dan dalam semua bidang kehidupan, sehingga menimbulkan kebahagiaan dan kepuasaan hati pada kedua belah pihak.
Suksesnya seseorang dalam melaksanakan “Human Relations” karena ia berkomunikasi secara etis, ramah, sopan, menghargai, dan menghormati orang lain.
Human Relations ini dilakukan dimana saja —> di rumah, pasar, kampus, toko, dalam bis, kereta api, dan sebagainya.
  1. Pengertian Komunikasi
Arti Usaha menumbuhkan response melalui lambang – lambang verbal ketika lambang – lambang verbal tersebut sebagai stimulasi komunikasi yang baik yaitu syarat dengan komunikasi untra personal ( komunikasi diantara dua individu dibatasi pada komunikasi manusiawi ).
Kriteria komunikasi yang aktif akan menimbulkan
a.      Pengertian
b.     Kesenangan
c.       Pengaruh pada sikap
d.      Hubungan yang makin baik
e.       Tindakan
Faktor- faktor yang mempengaruhi komunikasi
a.       Tahap paling awal dalam penerimaanm nformasi adalaha sensasi = pengertian
b.      Tahap berikutnya dalam suatu komunikasi adalah persepsi.
c.       Tahap perhatian / attention membantu terjadinya komunikasi dan penerimaan informasi.
d.      Bahasa pesan dan penerimaan pesan
Proses interaksi melibatkan perasaan, kata yang diucapkan dalam komunikasi, mencerminkan perasaan dan sikap, proses penyesuaian diri. Hubungan antar manusiasecara luas mencoba menemukan, mengidentifikasi masalah dan membahas untuk mendapatkan pemecahan masalah.

C.    Komunikasi yang cocok untuk keperawatan
Komunikasi yang cocok dalam keperawatann dapat dipengaruhi oleh beberapa beberapa faktor:
1.      Perkembangan
Agar dapat berkomunikasi efektif dengan seseorang, perawat harus mengerti pengaruh perkembangan usia baik dari sisi bahasa maupun proses berfikir orang tersebut.
2.      Persepsi
Pandangan pribadi seseorang trehadap suatu kejadian / peristiwa.
3.      Nilai
Standar yang mempengaruhi perilaku sehingga penting bagi perawat untuk menyadari nilai seseorang.
4.      Latar belakang sosial budaya
Bahasa dan gaya komunikasi akan sangat dipengaruhi oleh faktor budaya.
5.      Emosi
Perasaan subyektif terhadap suatu kejadian emosi seperti marah, sedih, senang akan dapat mempengaruhi perawat dalam berkomunikasi dengan orang lain.
6.      Jenis kelamin
Setiap jenis kelamin mempunyai gaya komunikasi yang berbeda.
7.      Pengetahuan
Seseorang yang tingkat pengetahuan rendah akan sulit merespon pertanyaan yang mengandung bahasa verbal dengan tingkat pengetahuan yang lebih tinggi.
8.      Peran dan hubungan
Gaya komunikasi sesuai dengan peran dan hubungan antar orang yang berkomunikasi.

DAFTAR PUSTAKA
Gallatin, yudith E. Adolescence and individuality A conceptual Aproach to adolescent psychology, 1975
Warga, Richard G. Personala Awareness. Boston. Haugthon miffu ncompany, 1976.
Verbeek Sj. Drs. Pengamatan. Yogyakarta, Kanisisus 1978.
Sheefer david R, Development Psicology. Californi


Bagikan :
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "HUBUNGAN KOMUNIKASI ANTAR MANUSIA"

 
Copyright © 2018 Online ! ! - All Rights Reserved
Template By Kibitz
Back To Top